10 Kesalahan Dalam Menulis CV Surat Lamaran

Sudah merupakan sebuah hal yang sangat lumrah jika perusahaan akan meminta Curriculum Vitae (CV) atau Resume dari pelamar kerja ketika mencoba untuk melamar pada sebuah posisi pekerjaan, tetapi kadang terlalu banyak dari pelamar yang tidak melihat Curriculum Vitaenya. Adapun kesalahan penulisan dalam Curriculum Vitae adalah sebagai berikut 

1. CV Yang Terlalu Panjang 

Panjang ideal CV adalah 1- 2 Lembar, sedangkan untuk CV seorang professional cukup maksimal 3 lembar. Jadi pastikan kita menuliskan informasi yang berbobot dan sangat relevan dengan posisi pekerjaan yang akan anda lamar. Tulis kelebihan kelebihan kita di awal CV dan gambarkan secara menarik agar perekrut mampu membaca potensi kita agar menarik perhatian perekrut dan membuat CV anda lolos pada seleksi pada tahap selanjutnya. 

2. Informasi Yang Tidak Relevan 

Kesalahan selanjutnya yang di lakukan para pelamar dalam membuat CV adalah menuliskan informasi informasi yang kurang relevan dengan lamaran yang dikirimkan. Contoh penulisan informasi yang tidak relevan dalam CV adalah mencantumkan riwayat pendidikan TK sampai Perguruan tinggi yang mana tidak begitu diperlukan, sebaiknya tuliskan informasi pendidikan terakhir karakter dan kepribadian, kompetensi atau ketrampilan, pencapaian yang pernah diraih.

3. CV Tidak Sesuai Dengan Realita 

Kesalahan fatal yang dilakukan pelamar adalah dengan menanipulasi data dengan menuliskan informasi yang tidak sesuai dengan realita atau fakta. perekut mungkin saja bisa dikelabuhi pada waktu pemberkasan, namun tidak pada sesi wawancara kerja, perekrut akan memberikan kita pertanyaan yang berhubungan dengan CV yang kita kirimkan, apabila anda menuliskan yang tidak sesuai dengan kenyataan maka anda akan mengalami kesulitan dalam menjawabnya. perekrut akan membaca setiap gerak tubuh anda dan menilai setiap informasi yang anda jelaskan melalui jawaban anda apakah informasinya benar adanya atau dibuat buat. 

4. Penataan Pengalaman Kerja 

Merupakan satu hal yang penting karena menjadi pertimbangan perekut untuk melihat kemampuan anda, satu yang menjadi kelalaian anda dalam menuliskan CV adalah menuliskan alur pengalaman CV dengan format maju, hal itu yang membuat kesulitan para perekrut karena hal yang menjadi pertimbangan seleksi adalah pengalaman terbaru bukan catatan awal pengalaman anda, terlebih jika pengalaman yang anda cantumkan tidak relevan. sebaiknya kita menuliskan dengan alur mundur dengan menuliskan pengalaman terbaru/terakhir sampai ke pengalaman awal/pertama, karena perekrut membutuhkan informasu terbaru dalam seleksi CV anda.

5. Penggunaan Bahasa 

Hal penting dalam pembuatan CV adalah sebuah dokumen yang sangat formal, CV digunakan untuk melakukan penawaran kualifikasi kita pada suatu perusahaan, namun banyak ditemui penggunaan bahasa yang berbelit belit dan tidak formal yang mempengaruhi perekrut dalam penilaian CV anda, sebaiknya gunakan bahasa yang formal serta gunakan tata bahasa yang baik dan sesuai dengan kaidahnya. 

6. Typo 

Merupakan hal penting yang harus diperhatikan dan merupakah kesalahan fatal, tanpa disadari anda salah menuliskan alamat email, kontak anda yang membuat perekrut mengalami kesulitan dalam menghubungi anda. selain itu perlu kita pahami CV anda sebagai gambaran psikologis sifat atau karakter diri anda, typo dalam CV dapat diartikan sebagai sifat yang serampangan, terburu buru dan kurang teliti dari sang pemilik CV.

7. Penggunaan Foto Yang Tidak Sesuai 

Merupakan dokumen yang bersifat Resmi dan Formal, maka penggunaan foto yang bersifat formal dan resmi jangan menggunakan foto selfi atau foto sembarangan, standart foto formal adalah menggunakan pakaian formal seperti kemeja dengan menggunakan dasi atau tanpa dasi, dipadukan dengan jas atau tanpa jas. 

8. Penulisan Grafik Kemampuan 

Merupakan hal penting sebagai pertimbangan perekrut dalam menentukan kemampuan anda sebelumnya, kebanyakan mereka membuat kesalagan dengan menuliskan Kemampuan menggunakan grafik, diagram atau label persen (%). hal tersebut boleh saja tapi harus disertai dengan sertifikat yang menerangkan berapa persen (%) tentang kemampuan anda, anda tidak bisa menentukan (Mendeskripsikan) sendiri kemampuan anda karena apa yang anda nilai belum tentu sama dengan apa yang dinilai orang lain. alangkah baiknya tuliskan kemampuan anda dengan menggunakan deskripsi : Ahli / Mampu / Pemula.

9. Satu CV untuk Semua Lamaran 

Perlu di ingat bawah perusahaan memiliki kualifikasi yang berbeda beda dalam melakukan perekrutan, kesalahan yang sering dilakukan adalah melamar satu CV untuk semua perusahaan, hal ini tidak terlalu bagus, bisa jadi apa yang dipaparkan didalam CV tidak relevan dengan pencarian perusahaan yang dituju, pastikan mencari informasi tentang posisi yang akan anda tuju dan melakukan editing pada CV tersebut agar antara kriteria, ketrampilan atau kelebihan sesuai dengan masing masing perusahaan. 

10. Etika Pengiriman 

Hal tersebut yang perlu diperhatikan dalam mengirim lamaran Via Email, sering ditemukan banyak dari mereka tidak memperhatikan tata cara pengiriman dengan baik, mereka melakukan kesalahan fatal seperti tidak menuliskan judul email, kepada siapa CV tersebut ditujukan, yang lebih parah lagi membiarkan badan email kosong hal hal tersebut adalah kesalahan fatal yang membuat perekrut berfikir berkali kalilipat untuk membaca bahkan menerima CV anda sebagai pelamar. kiriman CV tanpa judul atau tidak memperkenalkan diri kepada penerima, memberi pandangan pelamar tidak memiliki etika dalam berkirim CV

Itulah 10 kesalahan dalan penulisan Curriclum vitae, semoga para pencari kerja bisa mengevaluasi Curricullum Vitaenya. Semoga manfaat.

Related Posts

Follow by Email