-->

PT Cipta Krida Bahari (ABM Group)




ceritasiudin.com - CKB Logistics beroperasi bersamaan dengan munculnya perdagangan bebas di Indonesia. Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, tetapi masih kekurangan teknologi dan akses yang memadai untuk mengolahnya. Pada 9 Mei 1997, PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics Group) didirikan sebagai badan usaha penyedia jasa pengiriman barang PT ABM Investama Tbk., untuk memudahkan pelaku usaha di Indonesia mengantarkan barang dan jasa mereka ke tempat yang dibutuhkan. Pada tahun 2010, saham milik TMT diambil alih oleh PT ABM Investama, Tbk sehingga menjadi pemegang saham terbesar dari CKB Logistics.

Kami menyediakan beragam solusi rantai pasokan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan,didukung oleh keterampilan dan pengalaman kami di solusi logistik untuk berbagai macam industri seperti migas, pertambangan dan konstruksi. Pendekatan kami adalah dengan mempelajari sistem operasional Anda demi menghasilkan solusi terbaik dan membantu mengimplementasikan untuk mengoptimalkan efisiensi.


CKB Logistics dikenal dari luasnya jaringan nasional kami dan kemampuan dalam menjangkau area-area terpencil di Indonesia; dukungan kami terhadap kebijakan pemerintah untuk transportasi yang lebih baik di Indonesia; kemauan menyesuaikan solusi bagi klien kami; budaya kewirausahaan yang mendorong kami untuk berinvestasi dan memperbanyak armada dan pusat distribusi kami di area-area yang terlihat beresiko; serta komitmen yang mendalam untuk layanan pelanggan dan pengembangan sumber daya manusia kami.

Lowongan Kerja PT Cipta Krida Bahari (ABM Group)

1. Lifting Planner / Scheduler

Uraian Pekerjaan :
  1. Menyiapkan dan memberikan detail perencanaan/penjadwalan penggunaan Alat Angkat dan Alat Angkut, termasuk jadwal PM, CM dan Inspeksi untuk memfasilitasi pelaksanaan aktifitas pemeliharaan peralatan Angkat dan Alat Bantu Angkat yang aman dan efisien.
  2. Melakukan koordinasi pengelolaan Work Order dengan Planner customer untuk aktifitas operasi pengangkatan dan pemeliharaan peralatan Angkat, dari notifikasi sampai closing Work Order sesuai dengan Prosedur.
  3. Membantu Mereview dan memvalidasi notifikasi (work request) selama proses screening (SiSMBR) dengan Planner customer.
  4. Menyiapkan detail perkiraan biaya, kebutuhan material dan sumber daya untuk semua pekerjaan yang di rencanakan.
  5. Menyiapkan dan menjaga paket-paket pekerjaan (job packs) sesuai dengan referensi guideline best practices yang tersedia.
  6. Menjadwalkan semua work order dengan ruang lingkup aktifitas operasi pengangkatan dan pemeliharaan peralatan Angkat.
  7. Membuat jadwal kerja Peralatan & Personel, libur dan penugasan untuk memastikan kesesuaiannya dengan permintaan customer yang telah disetujui.
  8. Melakukan verifikasi dan pengecekan kelengkapan permintaan alat berat sebelum dialihkan ke permintaan lain.
  9. Membantu Supervisor untuk memantau dan memberikan informasi mengenai mobilisasi dan demobilisasi Peralatan sesuai permintaan.
  10. Pengurusan perizinan dengan pihak terkait.

Kualifikasi :
  1. Pendidikan minimal D3 Teknik
  2. Memiliki pengalaman dalam tayanan alat berat minimal 4 tahun sebagai Lifting Planner/Scheduler
  3. Ahli datam menggunakan computer yang berhubungan denga administrasi dan penjadwalan seperti: Ms Excel, SAP/other CMMS system
  4. Memiliki pengetahuan yang baik tentang safety driving.
  5. Penempatan Bojonegoro, Jawa Timur

2. Mechanic

Uraian Pekerjaan :
  1. Memastikan kondisi peralatan dalam keadaan baik dan siap digunakan kapan saja sesuai dengan permintaan/kebutuhan.
  2. Membuat/menentukan jadwal dan melakukan pemeriksaan, pemeliharaan/pencegahan dan perbaikan sesuai dengan manual book dari manufacturer.
  3. Koordinasi dengan pihak Manufacture untuk memastikan semua pemeriksaan, pemeliharaan dan perbaikan sudah dilakukan sesuai dengan manual book, jika diperlukan.
  4. Melakukan pemeriksaan dan perbaikan (trouble shoot} mesin, transmisi, kemudi, uder carriage, sistim hidrolik, sistem mekanikal, dan elektrikal & instrumentasi, serta melakukan analisa teknik.
  5. Menjaga stok komponen peralatan seperti suku cadang (spare part) dan bahan habis pakai (consumables) selalu tersedia.
  6. Melakukan pelaporan terkait dengan pemeriksaan, pemeliharaan dan perbaikan Peralatan, serta temuan kerusakan/anomali jika ada.
  7. Mengumpulkan dan melaporkan limbah dari kegiatan pemeliharaan (seperti ban, oli bekas, bahan bakar dan lain- lain.)

Kualifikasi :
  1. Pendidikan minimal D3/STM Teknik
  2. Memiliki pengalaman dalam layanan alat berat minimal 5 tahun sebagai Mechanic
  3. Memiliki sertifikat Mechanic
  4. Memiliki pengetahuan tentang mesin/peralatan dari alat berat
  5. Memiliki SIM B yang masih berlaku
  6. Nilai plus jika memiliki SIO operator overhead crane Migas
  7. Penempatan Bojonegoro, Jawa Timur

3. Lifting Project Leader

Uraian Pekerjaan:
  1. Berperan sebagai Representative yang akan membantu mengelola operasional pekerjaan secara keseluruhan, termasuk manajemen project dan cost control.
  2. Memastikan operasi pekerjaan berjalan dengan baik dan sesuai standar.
  3. Menyusun dan mengeluarkan laporan harian/mingguan/bulanan.
  4. Membuat dan monitor pencapaian KPI dan pelaporan progress proyek dan pengendalian biaya kontrak (cost control).
  5. Mengelola konsumsi bahan bakar dan Odometer & Hours-meter serta jam kerja Personel & Peralatan.
  6. Mengelola status kontrak secara berkala baik dari segi Operasional, Safety maupun Keuangan, termasuk perizinan dan sertifikasi.
  7. Memastikan ketersediaan dan kesesuaian jadwal kerja Peralatan & personel, libur dan penugasan.
  8. Memeriksa laporan kerja harian personel dan memastikan kebenarannya.
  9. Mengkoordinasikan dan memastikan jadwal inspeksi dan pemeliharaan preventif berdasarkan jadwal yang disediakan oleh manual book produsen Alat Angkat dan Alat Angkut.
  10. Memastikan ketersediaan Peralatan dan Personel termasuk mendapatkan/menyediakan Peralatan dan personel pengganti bila diperlukan.
  11. Mengkoordinasikan dan mempersiapkan mobilisasi/demobilisasi Peralatan dan personel sesuai permintaan customer.
  12. Mengembangkan prosedur pengoperasian Alat Angkat dan Alat Angkut.

Kualifikasi :
  1. Pendidikan minimal S1 dari Teknik Mesin
  2. Memiliki pengalaman dalam layanan alat berat minimal 5 tahun sebagai Supervisor/lifting project leader
  3. Dapat menggunakan computer dan perangkat lunak di dalamnya yang berhubungan dengan penunjang alat berat
  4. Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik
  5. Memiliki pengetahuan yang baik tentang safety driving.
  6. Penempatan Bojonegoro, Jawa Timur

4. Operator TMC & Manlift

Uraian Pekerjaan:
  1. Bertanggung jawab atas inspeksi dan pemeliharaan harian Peralatan.
  2. Melakukan dan memastikan bahwa semua aktivitas berkala, pre-use check, dan lain-lain telah dilakukan sebelum Peralatan beroperasi.
  3. Memastikan semua fungsi Peralatan bekerja dengan baik dan mampu melayani operasi pengangkatan/pengangkutan sesuai kapasitasnya.
  4. Membuat laporan harian seperti Operational Log book, check list dan lain-lain.
  5. Mengendarait / mengoperasikan Peralatan hanya sesuat instruksi. Operator/Driver tidak boleh mengambil/menggunakan Peralatan tanpa izin yang ditentukan.
  6. Mengoperasikan Peralatan dan bertanggungjawab atas beban/material yang sedang diangkat atau dipindahkan.
  7. Memahami dan melakukan rencana operasi sesuai dengan prosedur dan memberikan konfirmasi tentang kemampuan Peralatan yang digunakan.
  8. Berkoordinasi dengan semua personel yang terlibat dalam pekerjaan serta menginformasikan jika terdapat gangguan operasional Peralatan.
  9. Segera melapor jika ada kecelakaan.

Kualifikasi :
  1. Pendidikan minimal STM/SMA
  2. Memiliki SIO Crane A Migas yang masih berlaku
  3. Memiliki pengalaman dalam layanan alat berat minimal 5 tahun sebagai Operator Crane
  4. Memiliki SIM B1/B2 umum yang masih berlaku
  5. Penempatan Bojonegoro, Jawa Timur

5. Rigger / Signalman

Uraian Pekerjaan :
  1. Membantu Operator/Driver dalam operasional, termasuk Driver Vacuum truck.
  2. Membantu HSE dan Operator/Driver dalam pengembangan Perizinan dan JSA.
  3. Melakukan dan memastikan bahwa semua aktivitas berkala, pre-use check, dan lain-lain telah dilakukan sebelum Peralatan beroperasi sesuai dengan jadwal perawatan preventif, dan melaporkan kerusakan Peralatan.
  4. Mempersiapkan proses pengangkatan termasuk memastikan bahwa semua alat bantu angkat (lifting gears) dan teknik pengikatan yang digunakan dalam operasi pengangkatan telah sesuai standar dan lifting plan.
  5. Memastikan bahwa beban telah terikat dengan tag-line dan berdiri pada posisi aman saat pengangkatan.
  6. Memastikan kestabilan / kesetimbangan beban yang akan diangkat, semua alat bantu angkat, teknik pengikatan beban, peralatan Angkat, personel, serta lingkungan telah aman dan memberikan konfirmasi bahwa operasi pengangkatan siap untuk dilakukan.
  7. Membantu mempersiapkan proses pengangkatan termasuk memastikan bahwa semua alat bantu angkat (lifting gears) dan teknik pengikatan yang digunakan dalam operasi pengangkatan telah sesuai standar dan lifting plan.
  8. Bertanggungjawab atas inspeksi dan pemeliharaan harian Alat Bantu Angkat (lifting gears), serta melaporkan kepada Chief Lifting Execution jika ada kerusakan.
  9. Mengarahkan pergerakan Alat Angkat / Crane, dan beban melalui pemberian aba-aba dan komunikasi yang kontinyu dengan Operator crane dengan menggunakan kode aba-aba dengan tangan (hand signaling) maupun dengan Radio komunikasi peer-to-peer selama proses pengangkatan berlangsung.
  10. Mengambil posisi aman dan selalu terlihat oleh Operator.
  11. Berkoordinasi dengan semua personel yang terlibat dalam pekerjaan serta menginformasikan jika terdapat gangguan operasional Peralatan.
  12. Berperan sebagai Driver Vacuum Truck assistant.
  13. Membuat laporan harian seperti Operational Log book, check list dan lain-lain.
  14. Segera melapor jika terjadi kecelakaan.

Kualifikasi :
  1. Pendidikan minimal STM/SMA
  2. Memiliki SIO Rigger Migas yang masih berlaku
  3. Memiliki pengalaman dalam layanan alat berat minimal 5 tahun sebagai Rigger/Signalman
  4. Memahami semua peraturan lalu lintas dan safety rules yang ditetapkan oleh pemerintah serta perusahaan
  5. Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik
  6. Penempatan Bojonegoro, Jawa Timur

6. Operator Wheel Loader

Uraian Pekerjaan :
  1. Bertanggung jawab atas inspeksi dan pemeliharaan harian Peralatan.
  2. Melakukan dan memastikan bahwa semua aktivitas berkala, pre-use check, dan lain-lain telah dilakukan sebelum Peralatan beroperasi.
  3. Memastikan semua fungsi Peralatan bekerja dengan baik dan mampu melayani operasi pengangkatan/pengangkutan sesuai kapasitasnya.
  4. Membuat laporan harian seperti Operational Log book, check list dan lain-lain.
  5. Mengendarai / mengoperasikan Peralatan hanya sesuai instruksi. Operator/Driver tidak boleh mengambil/menggunakan Peralatan tanpa izin yang ditentukan.
  6. Mengoperasikan Peralatan dan bertanggungjawab atas beban/material yang sedang diangkat atau dipindahkan.
  7. Memahami dan melakukan rencana operasi sesuai dengan prosedur dan memberikan konfirmasi tentang kemampuan Peralatan yang digunakan.
  8. Berkoordinasi dengan semua personel yang terlibat dalam pekerjaan serta menginformasikan jika terdapat gangguan operasional Peralatan.
  9. Segera melapor jika ada kecelakaan.

Kualifikasi :
  1. Pendidikan minimal STM/SMA
  2. Memiliki SIO Kemenaker yang masih berlaku
  3. Memiliki pengalaman dalam !ayanan alat berat minimal 5 tahun sebagai Operator Wheel Loader
  4. Penempatan Bojonegoro, Jawa Timur

7. Site Lifting Competent Person

Uraian Pekerjaan :
  1. Melakukan site visit ke lokasi operasi pengangkatan, menentukan tipe peralatan Lifting, posisi crane, crane maneuver, posisi drop zone, lokasi pickup point, dll.
  2. Mendapatkan data daya dukung tanah (Soil bearing) / paving grade di lokasi peralatan angkat / crane akan diposisikan.
  3. Melakukan kajian/penilaian risiko operasi lifting di area operasi lifting terkait dengan rintangan equipment, structure, pipeline, jaringan listrik, dan hazard lainnya terkait dengan manuver crane (boom up/down, hoist up/down, slewing, load transfer, load placement, dll).
  4. Menentukan rute perjalanan Alat Berat, Alat Angkat dan Alat Angkutmenuju lokasi operasi pengangkatan.
  5. Membuat dan menyetujui Lifting Plan untuk seluruh operasi pengangkatan di Fasilitas Operasi JTB, termasuk menentukan kategori Lifting Plan.
  6. Berpartisipasi dalam meeting JSA untuk menunjang lifting Plan.
  7. Memberikan penjelasan teknis kepada Chief Lifting execution & Personnel lifting yang ditugaskan untuk melaksanakan operasi lifting sesuai Lifting Plan.
  8. Membangun Database Lifting Plan yang divalidasi secara periodik {tahunan) sesuai dengan perkembangan Plant STB.
  9. Memverifikasi bahwa semua personel yang terlibat dalam operasi pengangkatan memenuhi syarat pelatihan, pengalaman, tingkat kompetensi yang berkaitan dengan kategori pengangkatan, serta memverifikasi bahwa penilaian tag line dilaksanakan sebelum digunakan.

Kualifikasi :
  1. Pendidikan minimal S1 Teknik mesin atau sejenisnya
  2. Memiliki pengalaman dalam layanan alat berat minimal 5 tahun sebagai SLCP
  3. Memiliki Sertifikat Crane Inspector yang masih berlaku
  4. Memiliki SIO Rigger yang masih berlaku
  5. Memiliki keahlian untuk mengembangkan Lifting Plan menggunakan Software Autocad atau sejenisnya
  6. Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik
  7. Penempatan Bojonegoro, Jawa Timur

8. Rigging Loft Controller

Uraian Pekerjaan :
  1. Bertanggungjawab dalam penyusunan tempat penyimpanan Alat bantu angkat (Lifting Gears) dengan membangun sistem manajemen (data base) alat bantu angkat sehingga dapat ditelusuri dengan mudah keberadaannya, stock quantity, dan validitas inspeksinya (Color coding).
  2. Mengkaji dan menerbitkan status peralatan angkat & alat bantu angkat yang dikeluarkan setiap minggu yang ditujukan untuk mendapatkan review dan pengesahan dari Lifting Engineer.
  3. Memeriksa dan mengelola area Karantina alat angkat & alat bantu angkat untuk mencegah akses tanpa izin / penggunaan alat angkat / alat bantu angkat yang telah dikarantina.
  4. Memeriksa dan memastikan bahwa tempat penyimpanan perlengkapan pengangkatan dilengkapi dengan register alat angkat dan register pengeluaran.
  5. Memeriksa dan memastikan bahwa tempat penyimpanan perlengkapan pengangkatan aman, kedap cuaca, diterangi dengan baik dan dipanaskan secara memadai atau berventilasi bila diperlukan.
  6. Memeriksa dan memastikan bahwa tempat penyimpanan perlengkapan pengangkatan ukurannya sesuai untuk penyimpanan alat secara rapi.
  7. Memeriksa dan memastikan bahwa semua perlengkapan dan aksesoris pengangkatan yang digunakan sesuai untuk penggunaan dan berkode warna (Color Coding).
  8. Menyiapkan & mengeluarkan sejumlah alat angkat & alat bantu angkat yang dibutuhkan oleh team lifting berdasarkan “Lifting plan” yang ditugaskan kepada seorang PA Lifting selambat-lambatnya 1 hari sebelum pelaksanaan operasi lifting.
  9. Memeriksa dan mendata ulang peralatan angkat & alat bantu angkat yang dikembalikan oleh PA Lifting berdasarakan Lifting Plan-nya, setelah operasi lifting selesai dilaksanakan.
  10. Jika dibutuhkan dapat berperan dalam penggunaan Alat Angkat portable (Gantry crane, Chain hoist, Lever block, dll) untuk melaksanakan operasi pengangkatan termasuk memasang dan melepaskan rigging gear dari/ke hook crane atau lifting pad / lifting eyes.

Kualifikasi :
  1. Pendidikan minimal D3/SMA/STM
  2. Memiliki pengalaman dalam layanan alat berat minimal 5 tahun sebagai Rigging Loft Controller/Tool Keeper/Operator Overhead Crane
  3. Memiliki SIO Overhead Crane yang masih berlaku
  4. Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik
  5. Penempatan Bojonegoro, Jawa Timur

9. HSE

Uraian Pekerjaan :
  1. Membuat dan monitor Program K3LL.
  2. Memonitor KPI terutama yang berkaitan dengan K3LL.
  3. Mengawasi dan memastikan Inspeksi Peralatan berjalan dengan baik.
  4. Memimpin pelaksanaan Safety Meeting, Toolbox Meeting dan Daily Safety Briefing sebelum kegiatan dimulai.
  5. Mengawasi dan memastikan pengoperasian Peralatan dan pekerjaan yang berlangsung di lokasi kerja berjalan dengan aman dan selamat.
  6. Menyiapkan dan membuat Laporan Keselamatan.
  7. Membuat Laporan Kondisi Jalan dan JMP secara berkala.
  8. Memantau pelaksanaan dan penyelarasan program Safety.

Kualifikasi :
  1. Pendidikan minimal D3 Teknik
  2. Memiliki pengalaman dalam layanan alat berat minimal 5 tahun sebagai HSE or Safety Officer
  3. Memiliki K3 Migas yang masih berlaku
  4. Memiliki pengetahuan yang baik tentang safety driving.
  5. Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik
  6. Penempatan Bojonegoro, Jawa Timur

10. Chief Lifting Execution

Uraian Pekerjaan :
  1. Bekerjasama dengan SLCP melakukan site visit, membuat Lifting Plan, menetapkan kategori operasi pengangkatan, memilih dan menenentukan peralatan angkat dan alat bantu angkat yang diperlukan.
  2. Melakukan dan menyusun kajian risiko, serta melakukan technical review.
  3. Menetapkan personel tim pengangkatan dan memastikan kondisi personel yang terlibat sebelum aktivitas dalam kondisi fit, untuk memastikan keamanan dan kelancaran pekerjaan.
  4. Memastikan Lifting Plan dan dukungan dokumen terkait pengangkatan telah diisetujui dan valid.
  5. Memastikan izin / JSA (termasuk Lifting Plan) di lokasi kerja, sesuai dengan ruang lingkup pekerjaan dan valid.
  6. Melakukan verifikasi Alat Angkat dan alat bantu angkat masih valid dan sesuai dengan Color Coding.
  7. Melakukan pre-lift technical meeting dan toolbox talk.
  8. Memastikan sistem komunikasi diantara personel tim operasi pengangkatan berjalan dengan baik dan benar.
  9. Mengawasi jalannya operasi pengangkatan dengan harus berdiri bebas, sehingga dapat melihat dengan jelas keseluruhan proses operasi pengangkatan berlangsung.
  10. Memastikan bahawa kegiatan operasi pengangkatan yang berlangsung tetap sesuai dengan tahapan kerja dalam rencana operasi pegangkatan yang telah disetujui.
  11. Jika ditemukan kondisi tidak normal atau tindakan/kondisi tidak aman, maka harus segera menghentikan pekerjaan.
  12. Melakukan evaluasi dan pembahasan pasca pelaksanaan Operasi Pengangkatan.
  13. Berperan dalam penggunaan Alat Angkat portable (Gantry crane, Chain hoist, Lever block, dil) untuk melaksanakan operasi pengangkatan termasuk memasang dan melepaskan rigging gear dari/ke hook crane atau lifting pad / lifting eyes, jika dibutuhkan.

Kualifikasi :
  1. Pendidikan minimal D3/SMA/STM
  2. Memiliki pengalaman dalam layanan alat berat minimal 5 tahun sebagai Chief Lifting Execution
  3. Memiliki SIO Crane yang masih berlaku
  4. Memiliki SIO Rigger yang masih berlaku
  5. Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik
  6. Penempatan Bojonegoro, Jawa Timur

Kirimkan CV Anda ke :

daffa.ramadhani@abm-investama.co.id
Subject: LPS_Name (Posisi 1)
MEC_Name (Posisi 2)
LPL_Name (Posisi 3)
TMC_Name (Posisi 4)
RGS_Name (Posisi 5)
OWL_Name (Posisi 6)
SLC_Name (Posisi 7)
RLC_Name (Posisi 8)
HSE_Name (Posisi 9)
CLE_Name (Posisi 10)

Related Posts

Subscribe Our Newsletter